Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja Windows 7

Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja Windows 7 – Akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan tatkala mendapati komputer atau pc yang sobat miliki tiba-tiba menjadi lemot padahal komputer tersebut amat dibutuhkan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan baik itu tugas kuliah maupun hal-hal lainnya yang ada sangkut pautnya dengan komputer.

Cara meningkatkan kinerja windows 7 05

Tidak seperti pada komputer yang menjalankan operating system windows xp maka untuk pengguna windows 7 akan memerlukan spesifikasi komputer yang sedikit lebih tinggi. Jadi bagi sobat yang memiliki komputer yang memiliki spesifikasi rendah akan tetapi ingin mencicipi sensai windows 7 di komputernya maka sobat perlu melakukan hal berikut ini:

1. Matikan efek-efek yang tidak penting (Visual efek)

Cara meningkatkan kinerja windows 7 03

Memperindah tampilan tidak akan lepas dari peran visual efek. Akan tetapi dengan aktifnya visual efek maka akan memperlambat kinerja dari komputer sobat. Maka dengan mematikan visual efek akan menambah kecepatan dan kinerja komputer. Berikut ini cara mematikan visual efek pada windows 7:

Klik kanan [Computer] » [Properties] » [Advance system setting] » [Remote setting] » [Advance] » Pada bagian performance klik [Setting]

2. Kurangi Gadgets yang digunakan pada dekstop

Cara meningkatkan kinerja windows 7 01

Tidak dipungkiri dengan menampilkan gadget pada halaman dekstop akan semakin memperindah tampilan Komputer atau notebook yang sobat miliki. Akan tetapi tahukah sobat semakin banyak gadget seperti Jam, kalender, CPU Meter dll. yang sobat gunakan akan berimbas pada makin beratnya kinerja komputer. Jadi selektiflah dalam penggunaan gadgets.

3. Uninstall Program yang sudah tidak terpakai lagi

Cara meningkatkan kinerja windows 7 04

Semakin banyak program yang terinstall pada komputer sobat maka berdampak pada kinerja komputer seperti terasa berat saat membuka program, program-program kadang-kadang Not Responing dan sebagainya. Jadi program yang dirasa sudah tidak perlu digunakan lagi sebaiknya di unsinstall saja.

4. Hapus data atau file yang tidak penting

Cara meningkatkan kinerja windows 7 02

Jika sobat mempunya kebiasaan mengkoleksi berbagai file baik itu film, aplikasi, mp3, dan file-file lainnya maka sebaiknya sobat habus beberapa file yang sekiranya tidak digunakan lagi karena semakin berkurangnya space hardisk komputer maka kinerja komputer pun akan semakin terasa berat. Akan tetapi jika sobat memang mempunyai komputer dengan spesifikasi harddisk dengan penyimpanan yang lumayan besar maka untuk point yang nomor 4 tidak perlu diikuti.

Nah, bagi sobat yang hanya memiliki kapasitas penyimpanan hardisk yang terbatas, mungkin salah satu solusinya ialah dengan membeli harddisk eksternal.

Demikian tips dan trik meningkatkan kinerja windows 7, dan jika ada tambahan bisa sobat lampirkan pada komentar agar temen-temen yang lain dapat tahu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan komentarnya demi kemajuan blog ini. Terimakasih

Posting Komentar