Bagaimana cara menjadi seorang blogger




Kesempatan kali ini sebenarnya saya banyak ide untuk menuliskan sebuah artikel. tapi, tidak tahu kenapa semua ide saya sedang buyar. jadi, daripada kosong mending saya share pengalaman saya saja sebagai blogger pemula, sekaligus barang kali pembaca ada yang punya masukan buat saya, bisa menjadi bahan referensi saya nantinya...

Bagaimana menjadi seorang blogger?
Mungkin banyak pembaca ingin bisa menjadi seorang blogger ketika melihat sebuah web / blog dari teman yang telah sukses, dan pembaca ingin merambah dunia blogging tersebut mengikuti jejak teman. atau sekadar menyalurkan hobi dalam memanfaatkan teknologi dan ingin berbagi ilmu kepada orang lain.

Alasan diatas tentuh bisa diterima dengan sehat, tentang motivasi pembaca ketika berkeinginan menjadi seorang blogger. Sebab, salah satu alasan tersebut merupakan salah satu motivasi yang mendorong penulis untuk melakukan aktifitas di blog atau yang akrab disebut blogging.

Lalu... Bagaimana cara kita memulai membangun sebuah blog?
Saya tidak akan menjelaskan tentang cara mendaftar ke web penyedia layanan blog misal : (blogger, WordPress, dll), namun kali ini saya akan menjelaskan tentang hal yang perlu pembaca ketahui dalam mendirikan sebuah blog.

Apa modal awal sebagai seorang blogger?
Pertanyaan diatas tentuh perntah terlintas di pikiran pembaca, ketika ingin membangun sebuah blog.
modal awal dari seorang blogger, menurut pendapat penulis sebagai berikut :
  1. Modal yang paling awal adalah membaca.Sebab, seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik pula (terlepas dari hal copy paste)
  2. Motivasi membuat blog dan semangat untuk melakukan blogging
  3. Menyiapkan waktu luang untuk merawat blog yang telah dibuat
  4. Siap berkutat dengan berbagai permasalahan yang akan timbul didalam web (misal : kerusakan template) yang tentuhnya memakan waktu dalam perbaikannya
  5. Memfokuskan tujuan pembuatan blog tersebut. maksudnya pembaca harus bisa memfokuskan topik yang akan di bahas dalam blog pembaca, sehingga blog pembaca tidak ngalor ngidul artikelnya tanpa ada fokus yang jelas.
  6. Rajin menulis artikel (minimal seminggu sekali).
  7. Selalu mencoba berinovasi dengan hal-hal yang baru dan siap gagal atau salah dalam percobaan tersebut.
Begitulah modal awal yang sebaiknya dimiliki oleh seorang blogger. mungkin bagi pembaca yang punya usul lain bisa disharekan bareng dibawah (lewat komentar) jadi kita sama-sama belajar dan sama-sama lebih pandai dalam blogging. Harapan penulis semoga kita semua bisa menjadi seorang blogger yang sukses.

Apakah seorang blogger harus tahu coding html dan kawan-kawannya??
Menurut saya pribadi, sebagai modal awal tidak terlalu diperlukan. Sebab, ketika kita sudah akrab dengan kode-kode tersebut dan sering menggunakannya dengan bereksperiment pada blog kita (seperti poin terakhir) tentuh kita akan menjadi tahu secara sendirinya, yang terpenting adanya semangat kita dalam blogging.

seperti kata bijak berikut ini :
  • Tak Kenal Maka Tak Sayang
  • Bisa Karena Terbiasa
  • Mahir karena sering berusaha dan mencoba
Setelah membuat sebuah blog. tentuh kita ingin tahu tentang manfaat dari blogging tersebut.
Manfaat dari blogging tersebut bisa pembaca lihat disini....

Sekian share pengalaman dari saya...
semoga bisa bermanfaat dan kalau ada yang mau menambahkan bisa koment saja... ok??

Posting Komentar